Jumat, 03 September 2010

si manis

Sesiangan itu,sepulang sekolah, Niz melajukan motornya dengan kalut. Soalnya, dia belum menemukan adiknya, si Lili. Kata temen-temen sekelasnya sih, Lili udah pulang. Tapi mana? Biasanya Lili kalo pulang sebelum Niz pulang, pasti dia lagi asyik jongkok sambil meringis, nyender di dinding depan kelas Niz. Anak itu biar udah gede suka takut pulang sendirian. Alasannya, kalo ada tukang ojek gratis, ngapain bayar angkot?

Sebenarnya sih, Niz nggak pusing-pusing amat kalo si Lili ngilang. Bagus malah, nggak ada anak bawel yang hobinya ngeganggu Niz yang lagi asyik belajar matematika. Tapi yang nyebelin kalo Lili nggak duduk di jok motor ketika Niz pulang sekolah, adalah omelan panjang lebarnya Ibu. “Kamu itu! Gimana kalo Lili dijadiin umpan genderuwo? Kamu sebagai kakak harusnya bisa dong, jagain adek kamu. Jangan egois, mentang-mentang pulang duluan, adekmu ditinggal!” Niz suka sebel kalo dituduh sebagai kakak yang nggak bertanggung jawab. Lebih sebel lagi kalo habis mendengar ceramah Ibu tentang bagaimana manjadi kakak yang baik, Lili-nya tiba-tiba muncul dengan cengiran sok nggak bersalah. Langsung deh anak itu dapat kado manis, dijitak kuat-kuat sama Niz!

Sampai sore menjelang, Lili belum muncul di rumah. Niz jadi sebel. Ibunya juga cemas nungguin si Lili. Takut terjadi apa-apa sama anak ajaib itu. Pernah, Lili pulang dengan kepala benjol. Ketika ditanyain, Lili jawab sambil nyengir, “Anu, tadi abis berantem sama anak TK!”

“Assalamu’alaikum!” seru Lili riang di pintu rumah. Meooongg…

“Nah, Pus! Nih rumah kamu sekarang…” sementara kucing di gendongan Lili langsung diturunkan paksa, dan tuh kucing dengan nalurinya langsung menjelajah suasana baru.

“Lili! Dari mana aja kamuuuu…sesorean ini baru pulang?” omel Niz yang muncul tiba-tiba disertai asap putih. Biar berkesan misterius, gitu…

“Belajar di rumah Susi!”

Kucing Lili tanpa diduga malah mengitari kedua kaki Niz, dengan manja.

“Idiiih…Lili! Kucing siapa ini…??” Niz langsung mengibaskan kakinya, mengusir kucing manis itu. “Keluar, ih!”

“Eh jangan! Ini kucing Lili!” Lili meraih kucing itu. “Namanya Andromeda,” ujar Lili. “karena bukan kucing Bali. Kalo kucing Bali, namanya jadi Andro-made!”

“ Bawa keluar…!!” bentak Niz, yang sekarang hinggap di sofa ruang tamu, demi menghindari si kucing gemuk itu.

“Nggak!” balas Lili, lebih nyolot dari bentakan Niz.

“Bawa keluar! Kamu kan tau, aku nggak suka kucing!”

“Ah, bohong! Buktinya dikamarmu ada boneka Garfield!”

“Itu kan boneka! Ini kucing asli…ih, bawa keluar dooongg!!”

“Enak aja! Kasiaaan, tauuukkk!” Lili dengan nyolot mempertahankan kucing itu dalam gendongannya.

“Apaan sih? Lili, darimana kamu?” ujar Ibu yang demi mendengar pertengkaran kakak adik itu langsung muncul dari dapur.

“Tadi Lili belajar di rumah Susi, Bu!” lapor Lili.

“Lain kali kalo mau belajar pas pulang sekolah, kasih tau kakakmu dulu,”

“Pulsa Lili abis, Bu! Beliin doong…” Lili malah merajuk.

“Nggak! Jatah pulsa kamu ya segitu aja. Kalo abis, tanggungjawab sendiri.”

Lili merengut. Sedangkan Niz menunjuk-nunjuk kucing dalam gendongan Lili.

“Bu, Lili bawa oleh-oleh tuh! Kuciiing…usir keluar dong!”

“Kucing darimana, Li?” Ibu mengambil kucing gemuk nan manis itu dari gendongan Lili.

“Tadi, di rumah Susi. Kan banyak kucing yang berkeliaran nggak jelas luntang lantung gitu, yaudah Lili ambil satu aja. Si Susi-nya malah ngamuk-ngamuk. Heran deh.” Jelas Lili. “Boleh piara kan, Bu?”

“Hmmm, lucu juga. Boleh. Asal jangan nakal. Udah ah, Ibu ke dapur dulu.”

Lili ikut ke dalam dapur. Sebelum benar-benar meninggalkan ruang tamu, Lili sempat menjulurkan lidah tanda kemenangan ke arahnya. “Weee…!!!” dan si Andromeda ngikut langkah Lili, dengan pandangan angkuh layaknya seekor kucing.

Singkatnya (abisnya males nulis…hihihi) beberapa hari si kucing itu jadi piaraan resmi keluarga Niz. Bapaknya nggak ngelarang, apalagi Ibunya yang mengiyakan saja kemauan si anak manja, Lili. Sedangkan buat si kucing itu, seluruh rumah adalah zona bermainnya, kecuali kamar Niz dan ruang manapun yang sedang Niz kuasai.

Lama-lama si Andromeda itu nggak gitu-gitu menakutkan juga bagi Niz. Dia mulai merasa nyaman dengan kehadiran kucing gemuk itu. Bahkan kalau Andromeda nyelonong masuk ke kamar Niz, dibiarin aja tuh sama Niz.

Sesiangan itu, Niz lagi asyik-asyik ngelus bulu Andromeda yang ternyata halus banget.

“Euh, kalo tau semua kucing itu manis kayak kamu, nggak bakalan deh saya benci sampe nyaris phobia sama sodara-sodara kamu itu!” gumam Niz sambil masih asyik ngelus bagian punggung kucing itu. Andromeda jadi keenakan, matanya merem melek. Dengan manjanya, kucing itu bangkit dan asyik tiduran di pangkuan Niz. Niz kegelian sendiri sama tingkah kucing itu. Niz ingin menggendongnya, tapi tampaknya harus berpikir dua kali. Siapa tau si kucing berontak dan mencakar?

“Naaa…ketahuan…!! Niz sayang kan sama si Pus? Hayoo, ngaku…?? Dulu aja tereak-tereak minta dibawa keluar si Andromeda, sekarang eh sekarang malah asyik mangku…?? Yeee…tanaman makan pagar!” celoteh Lili yang bawel itu. Dia muncul dari depan, mulutnya celemotan cokelat dan tangan kanannya menggenggam sebatang cokelat yang hampir lumer, tangannya sampai kotor. Bahkan sampe bajunya pun kena bercak cokelat. Heran. Tuh anak sampe gede begini tetep aja kayak anak kecil.

Niz jadi tengsin. Cepet-cepet dipindahkannya si Andromeda.

“Apaan sih? Orang kucing kamu yang dateng-dateng minta dipangku!” Niz berkelit. Kan tengsin ketahuan suka sama kucing di depan adiknya yang bawel.

“Ngakuuu ajaaa…” Lili dengan riang berlarian ke dapur. Sibuk mengaduk-aduk isi kulkas, mencari air dingin.

Malamnya Niz lagi asyik memahami buku komik punya si Lili di meja belajar. Sedangkan si Andromeda dibiarkan bertengger manis di kasur.

Merasa lapar, Niz keluar kamar dan dengan ributnya berteriak minta makan. Heuh, kayak dimana aja si Niz ini. Persis mbak-mbak hutan wisata yang hobi gelayutan dari pohon ke pohon.

Puas mengisi perut dengan suguhan sayur asem plus ikan asin dan sambal yang asli bikin perut Niz jadi murus-murus dan cukup 2 kali bolak-balik kamar mandi, Niz kembali ke kamarnya. Melanjutkan baca-baca komik punya si Lili itu. Sedang Lili sedang heboh di kamarnya, mencari-cari buku komiknya yang baru kemarin dibeli. Tapi Niz nggak peduli. Toh Lili sering ngambil buku pe-er bahasa Inggrisnya diam-diam kok. Bukaan, bukan buat diisi atau apa. Lili bukan tipe adik yang peduli sama kesulitan Niz yang satu ini. Tapi buat dikomentarin tuh, nilai-nilai Niz di buku itu. Kalo nilainya bagus, ditulisin gini, “nyontek dari mane lu Niz?”, kalo nilainya jeblog dikasih komentar gini, “aaah, Niz, payah lu. Masa udah nyontek tetep kayak gini nilainya? Makanya kalo cari tempat contekan yang qualified dikit dong!”.

Selagi tenggelam dalam serunya cerita petualangan geng motor yang asli bikin terharu karena ternyata tokohnya menjunjung nilai-nilai Pancasila, Niz merasa ada wewangian aneh di kamarnya. Pikirannya langsung tertuju pada adik semata wayangnya. Niz mikir kalo si Lili sedang bikin sajen buat ngusir nyamuk yang usil bikin sarang di kamarnya.

Niz merasa nggak enak dengan wewangian yang tidak termasuk dalam kategori aroma terapi itu, jadinya makhluk itu keluar kamar lagi. Baru hendak mencapai pintu kamar yang terbuka, Niz melihat cairan kekuningan, dan matanya dengan tajam setajam silat, langsung mencari si Andromeda, yang tidak terlihat lagi di kamarnya. Jeritan Niz pun langsung melengking.

“LILI!!! KUCING LO TUH! BAWA KELUAAARRRR…!!!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar