Senin, 02 Agustus 2010

nggak nyangka sama sekali

Kali ini saya mau cerita tentang hasil kelulusan di SMP saya tercinta, SMP Negeri 5 Sorong yang kadang suka ada sapi iseng nyelonong masuk dan bermain-main dengan gembiranya di lapangan berawa yang luasnya amit-amit, yang sejauh mata memandang isinya hamparan kangkung menghijau yang sedap kalo ditumis.
Waktu itu, tanggal 7 Mei 2010, tanggal yang pasti udah dibuletin pakai spidol merah di tanggalan siswa masing-masing, karena menjadi hari pengumuman dari hasil ujian nasional yang udah dilaksanakan tanggal 29 April itu. Seperti biasa, saya datang pagi-pagi. Bukannya kesambet setan rajin, atau mau bantu-bantu pak satpam bukain gerbang, tapi memang inilah kegiatan saya bersama geng Walla. Datang pagi-pagi Cuma untuk ngobrol gila-gilaan dan bikin rusuh sekolahan yang masih sepi. Sampai di sekolahan yang sepi, saya punya inisiatif untuk mengunjungi samping perpustakaan yang emang udah jadi markas besar Walla, tempat paling asyik untuk ngobrol gila-gilaan sambil ngeliatin cebong yang suka malu-malu numpang lewat (disamping perpus ada rawa-rawa.ugh, sekolah rawa!). Benar saja, si Lala (nama disamarkan, takut dianya jadi tenar tiba-tiba. Kan kalo dia lebih tenar saya rugi! Tapi teman-teman saya pasti tau kok siapa makhluk gokil nan manis ini) udah ngejogrok sendirian sambil…ngangkang? Bukan. Lagi asyik dengerin lagu lewat hapenya. Udah deh, saya ikutan duduk disampingnya, beralas lantai semen yang kotor, yang sela-selanya sudah ditumbuhi rumput. Lalu kami mulai larut dalam obrolan tentang Justin Bieber yang jauh-jauh hari sudah diproklamirkan Lala sebagai selingkuhannya. Wiw. Alda-alda aja ni anak.
Tiba-tiba saya ngerasa ada aura mistis bergelora di belakang saya. Dengan takut-takut, saya menepuk pundak Lala yang masih asyik ngoceh. Secara bersamaan dan takut-takut, kami menoleh ke belakang.
“Waaaakkk!!!” (teriak histeris tanda lebay :P )
Dan ternyata firasatku bener. Saat kami berbalik, tampak sesosok makhluk serem karena lebaynya bernama Vitrop (nama disamarkan. Takut kalo Fitri Tropika jadi jantungan kalo ada yang lebih lebay dari dia).
“Ugh, lebay.” Sungutnya. Yeee. Lebay teriak lebay. Asal nggak alay aja siiiih….hehehe.
Bertemunya tiga sobat ini lantas memancing huru-hara dan keributan di samping perpus.
Kemudian, karena matahari naik tinggi dan acara sudah mau mulai, kami pindah tempat ke depan aula. Ah dasar sial. Bukannya dapat pencerahan atau apa, kami malah disuruh beres-beres aula yang dekilnya amit-amit, sisa perpisahan kemarin.
Selagi mereka berdua asyik beres-beres aula, saya dipanggil sama pak kepseknya. Beliau bilang kalo saya nggak lulus nggak apa-apa. Ikut ujian ulang. Degh! Aduh, apa-apaan nih pak kepsek? Nakut-nakutin! Setelah diwanti-wanti begitu, saya kembali ke aula meneruskan pekerjaan, tapi dengan wajah sedikit muram.
Tak lama, karnaval orang tua siswa mulai berdatangan, karena acara akan dimulai. Tapi dalam keumunan wali murid itu saya nggak ngeliat ibu yang emang sudah bilang nggak bakal datang karena ada kerjaan di sekolahnya sendiri. Ibuku emang guru, yang sekarang ini naik pangkat jadi pelaksana harian kepala sekolah berhubung kepala sekolahnya udah pensiun.
Muka para siswa yang mulanya tampak cerah mulai kusut dan takut-takut ketika acara demi acara berlangsung. Nggak terkecuali Vitrop, yang mukanya udah bener-bener belipet tujuh saking deg-degannya. Meski mukaku dan si Lala tampak raut wajah deg-degan, tapi kami lebih memilih main sama adeknya si Lala yang ngikut emaknya. Kami nggak meratiin si Vitrop. Buat apa coba? Nggak ada untungnya.
Acara berganti acara, dan secara tak sengaja aku melihat ibu dengan motor matik itemnya masuk ke gerbang sekolah. Loh, kok datang? Katanya banyak kerjaan? Wah, bolos nih.
Kemudian acara yang paling penting, setidaknya menurutku begitu, karena ini klimaksnya. Pembacaan undang – undang dasar. Eh, bukan. Pengumuman 10 peringkat teratas. Saya mulai nervous disini.
Deg..deg..deg..gedubrak..brak…bruk..jder..k-booom..!! (sontrek buku jatuh + petir +bom)
Jantungku berdegup keras, seperti gebukan drumnya mas Erick Nindyoastomo sang drummer changcuters pas lagi main lagu racun dunia bagian intronya. Hha.
Dan…coba tebak. Saya ternyata bukan peringkat tiga, lima, sepuluh, atau delapan. Hiks. Padahal udah ngarep nih. Tapiiiiiiiii….peringkat SATU! Wiw, gimana nggak pengen loncat pagar nyebur jurang??
Euphoria pun berlanjut. Usai maju untuk menerima piagam penghargaan Kalpataru (nggak nyambung!), saya loncat-loncatan bareng Walla. Tapi sayangnya, nggak bisa terlalu gila-gilaan karena hujan deras sialan yang tega-teganya bercucuran saat gembira begini.
Sampai di rumah, ibu bilang kalo ibu tuh datang karena diberitahu sama pak kepsek, buat datang. Kata ibu, suara mister Arif sengaja dibikin penuh misteri, biar kesannya gimana gitu. Hahaha. Biarlah. Yang penting saya senang plus nggak nyangka banget!!!! Gimana nggak, waktu kelas tiga kan saya lagi hobi-hobinya main sama Walla, belajarpun pake acara becanda…hehehehehehehe. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar